Aneka Menu Makanan Sehat

Posted by


Selama ini kita sering mendengar pola makanan sehat, yaitu empat sehat lima sempurna. Namun apakah kita tahu apa saja menu makanan yang sehat itu? Mungkin diantara kita ada yang mengatakan banyak mengkonsumsi sayuran salah satu menu makanan sehat. Memang sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang sehat, karena dalam sayuran terdapat vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh.

Selain sayuran, ada lagi bahan makanan yang menyehatkan, yaitu buah-buahan. Buah sangat baik untuk tubuh kita, meski kandungannya tidak berbeda dengan sayuran. Selain menyehatkan tubuh, mengkonsumsi buah juga baik buat kulit dan pencernaan kita.

Tentunya memilih sayuran dan buah-buahan yang masih segar kondisinya. Biji-bijian termasuk pula dalam kategori makanan sehat, seperti kacang merah, gandum, kacang polong juga baik dikomsumsi. Karena di dalam bahan makanan biji-bijian mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang kita.

Aneka Sayuran Sehat                                 

Semua sudah tahu bahwa sayuran memiliki kandungan gizi yang baik. Mengonsumsi sayuran secara teratur dapat membuat kita menjadi sehat. Supaya Anda tahu apa saja manfaat sayur-sayuran, di sini akan dibahas mengenai beberapa sayuran beserta manfaatnya.

1.Sayur Brokoli

Tidak semua orang menyukai brokoli namun tetap banyak yang suka. Sayuran ini dapat diolah ke dalam beberapa jenis makanan, bisa dibuat sup, atau tumis. Rasa brokoli memanglah hambar, itu salah satu alasan mengapa ada orang yang tidak menyukainya apalagi anak-anak.
Brokoli digolongkan sebagai sayuran yang paling sehat, bisa dibilang brokoli adalah rajanya sayuran. Banyak sekali manfaat pada makanan sehat ini, paling utamanya adalah untuk orang yang kekurangan darah. Oleh karena brokoli mengandung zat besi maka cocok dikonsumsi oleh anda yang mengalami anemia.
Penyakit lain yang bisa diobati atau dicegah dengan sayuran ini adalah serangan jantung, stroke, katarak, kanker, serta spina bifida. Jadi, walaupun rasanya tidak enak karena hambar Anda yang memiliki penyakit yang sudah disebutkan di atas atau tidak mau terserang penyakit tersebut bisa mencoba menyukai brokoli mulai dari sekarang.

2.Sayur Tomat

Dibandingkan dengan brokoli, tomat lebih banyak yang menyukainya. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, tomat yang bisa dibilang salah satu jenis buah juga bisa dimakan langsung sebagai buah maupun dijadikan jus yang segar bila dimakan.
Tahukah Anda kandungan apa yang terdapat dalam tomat? Tomat itu kaya akan vitamin C yang memiliki banyak manfaat. Manfaatnya sebut saja menjaga kesehatan mata agar tidak terjadi penurunan fungsi, menghilangkan jerawat, dan mengurangi risiko usus buntu.
Nah, setelah Anda tahu kandungan dan fungsi dari makanan ini tentu Anda akan semakin menyukainya. Mulai sekarang konsumsilah lebih banyak makanan ini. Selain bisa merasakan kesegarannya, Anda juga bisa merasakan khasiatnya.

3.Sayur Rumput Laut


Rumput laut terasa sangat nikmat bila dijadikan es rumput laut. Rasanya yang enak dan teksturnya yang unik bisa “mengoyang” lidah Anda. Selain memberikan kesegaran, rumput laut bisa juga memberikan kesehatan.
Rumput laut memiliki kandungan serat yang tinggi. Bisa dimakan saat masih dalam bentuk awal juga saat sudah diolah. Dimakan dengan dua cara itu sama enaknya, namun ada sedikit perubahan kandungan. Manfaat dari rumput laut adalah menghambat pertumbuhan dua penyakit berbahaya, yaitu tumor payudara dan sel kanker.
Wah, pasti Anda akan semakin menyukai rumput laut bukan?

4.Sayur Wortel


Wortel bukan hanya makanan wajib bagi kelinci tapi juga Anda. Wortel bisa dimakan dengan berbagai cara, bisa dimakan langsung, dicampur dengan sup, ditumis, bahkan dijadikan sebagai jus.
Dari semua cara mengonsumsi, paling baik adalah dengan di jus. Jus wortel akan memberikan manfaat yang lebih bagus dibandingkan dengan cara lain. Wortel yang terkenal dengan kandungan vitamin A-nya ini selain bisa membuat mata Anda sehat juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker serviks.

5.Sayur Daun Selada

Daun selada biasanya hanya digunakan sebagai lalapan dan bukan sayuran utama untuk menu harian. Apabila anda makan makanan yang berlemak, sajikan juga daun selada ini untuk menetralkannya. Untuk Anda yang mengalami gangguan tidur konsumsilah daun selada. Manfaat lainnya adalah membantu kinerja pencernaan, juga mengurangi risiko katarak.

6.Sayur Terong


Terong memiliki sifat yang unik dan tidak dimiliki oleh sayuran lain. Warna ungu dari terong berasal dari pigmen yang bernama nasunin. Zat itu adalah antioksidan yang bisa menghentikan kerusakan sel otak. Selain itu, sayuran ini bisa memberikan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan gangguan mental lain.

7.Sayur Bayam


Bayam memiliki klorofil yang menjadi sumber hampir semua vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Apabila Anda rutin mengonsumsinya setiap hari sebanyak dua gram, akan mencegah Anda dari osteoporosis, arthriris, dan kanker usus besar.
Manfaat lainnya adalah melawan kanker karena mengandung 13 jenis senyaawa flavonoid. Terakhir adanya kandungan kalsium yang bermanfaat terutama bagi wanita karena menghindarkan Anda dari osteoporosis.
Nah, itulah beberapa sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Masukkan sayuran itu sebagai menu sehat Anda. Pada dasarnya semua sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang sangat berguna bagi pengonsumsinya.
Jadi tidak ada alasan untuk Anda yang tidak suka dengan sayur. Memang tidak semua sayuran enak untuk dikonsumsi namun semua sayuran membuat Anda hidup “enak” karena bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Walaupun sayuran itu sehat, Anda harus berhati-hati sebelum mengonsumsinya. Cuci bersih sayuran agar zat kimia yang digunakan untuk menanamnya hilang bersamaan dengan air.


Hanya Menyebarkan Formulir Survei Anda Di Bayar 486x60


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19.24

0 komentar:

Archive