Tips Mencari Jodoh

Posted by


Sudah bukan zamannya lagi dijodohkan oleh orangtua. Namun kadang sulit juga untuk mendapatkan jodoh yang sesuai. Sebelum mencari jodoh, ada baiknya jika Anda intropeksi diri dulu. Bulatkan tekad Anda, agar Anda tidak cepat menyerah, juga tidak terpengaruh oleh kegagalan di masa lalu.

Kemudian, dalam mencari jodoh jangan terlalu terburu-buru menentukan pilihan, santai saja biarkan hubungan mengalir. Jangan terlalu murah atau berlebihan dalam mengejar calon pasangan, misalnya belum apa-apa sudah menelpon setiap hari.

Hindari sifat takabur, meskipun Anda memiliki banyak kelebihan. Jangan sampai Anda membuat calon pasangan merasa inferior atau malah tidak menyukai Anda. Terakhir, banyak-banyaklah membaca. Pengetahuan yang luas membuat Anda tidak kehilangan topik untuk mengobrol dan mengenali calon pasangan Anda. Intinya adalah, buat calon pasangan senyaman mungkin ketika bersama Anda.

Tips Mencari Jodoh yang Jitu

Jika usia sudah menginjak 25, para kaum wanita mungkin sudah mulai risau jika belum menikah. Jangankan menikah memiliki pacar pun tidak. Sementara setiap ada pertemuan keluarga pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah, “Kapan nikah?”

Bahkan dalam satu hari tidak hanya satu orang yang menanyakannya. Hal tersebut kadang membuat Anda muak dan tak jarang membuat Anda sengaja menghindari pertemuan-pertemuan keluarga.
Menikah adalah satu hal sakral yang setiap wanita hanya ingin melakukannya sekali seumur hidup. Oleh karena itu, jangan terburu-buru, sehingga sembarangan memilih pendamping. Jangan juga bersantai-santai dan pasrah begitu saja. Karena jodoh itu tidak akan datang dengan sendirinya.

Tips Mencari Jodoh

Jika Anda merasa kesulitan mencari jodoh, tips mencari jodoh berikut ini mungkin dapat membantu Anda.

 1. Lihat ke Belakang

Buka buku kenangan masa kuliah atau SMA. Ingat-ingat siapa pria yang pernah muncul dalam hidup Anda. Pria-pria yang sempat Anda suka, atau menyukai Anda, atau bahkan mantan-mantan pacar Anda. Tanyakan keadaan mereka pada sahabat-sahabatnya.
Jika ada yang masih lajang. Cari informasi yang lebih lengkap tentang mereka. Lalu coba hubungi mereka, dan melakukan pendekatan. Jika kira-kira ada lampu hijau maka lanjutkan. Siapa tahu dia adalah jodoh Anda.

 2. Buat Account di Jejaring Sosial

Jejaring sosial saat ini tengah marak-maraknya. Anda bisa terhubung dengan teman-teman lama Anda atau bahkan orang baru sekalipun. Lengkapi profil Anda dengan lengkap dan semenarik mungkin agar orang tertarik.
Sering-seringlah mengomentari status teman-teman Anda, karena dengan begitu temannya teman Anda bisa melihat Anda. Jika mereka melihat lalu melihat profil dan tertarik, maka mereka akan berusaha untuk lebih mengenal Anda. Lalu berkenalan. Jika sudah ada signal-signal dari si dia, lanjutkan. Kita tidak akan pernah tahu siapa jodoh Anda sebelum Anda mengenalnya.

 3. Seringlah Datang ke Acara-acara yang Dihadiri Banyak Orang.

Datang ke acara yang dihadiri oleh banyak orang adalah kesempatan Anda untuk bersosialisasi. Tampilah dengan menarik agar semua mata tertuju pada Anda. Bukan karena keanehan Anda, tapi karena penampilan Anda yang menarik. Untuk menarik tak harus cantik loh.
Berkenalanlah dengan banyak orang. Semakin banyak yang Anda kenal semakin banyak kesempatan Anda menemukan pasangan. Banyak sekali pasangan yang menikah dengan orang yang mereka temui di undangan, pengajian, atau acara lainnya.

 4. Jangan Menjadi Pemilih

Selektif terhadap siapa yang akan dijadikan pasangan hidup Anda boleh saja, tapi jangan terlalu. Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang pasti kenali dia, dan pastikan dia cocok atau tidak dengan Anda.  Karena jika Anda mencintai pasangan Anda Anda pun harus mencintainya kekurangannya.
Wanita adalah yang dipilih bukan yang memilih, Jika Anda sudah dipilih, maka belajarlah untuk mencintainya. Karena lebih berbahagia orang yang dicintai daripada mencintai.

 5. Jangan Menolak

Jika pria yang Anda dekati atau sedang mendekati Anda tiba-tiba meminta Anda menjadi istrinya, jangan menolak. Katakan 'Ya', karena pertanyaan itu sangat jarang diulang untuk yang kedua kalinya. Sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Karena dia adalah jodoh Anda.

Mencari Jodoh Secara Islami

Para umat Islam sebaiknya mencari jodoh secara Islami. Dengan demikian pasti Anda bisa mendapatkan jodoh yang terbaik karena diridhai oleh Allah. Lantas bagaimana caranya mencari jodoh secara islami? Untuk mendapatkan jawabannya, bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Mencari jodoh secara Islami ada konsep tersendiri. Konsep itu sesuai dengan kaidah ushul fiqih. Konsep tersebut terdiri atas dua bagian.  Konsep pertama adalah yang berhubungan dengan Tuhan, yaitu lewat ibadah dan akidah. Artinya segala sesuatu harus berdasarkan perintah Allah dan Rasul.

Mencari jodoh yang islami salah satunya adalah melakukan doa istikharah. Kegiatan itu telah diberikan contohnya oleh Muhammad. Apabila sesuatu yang dikerjakan oleh kita tidak ada tuntunannya dari Muhammad, berarti itu tidak Islami.

Hal-hal yang tidak Islami dalam mencari jodoh adalah memercayai ramalan bintang, dan ramalan paranormal. Apabila Anda melakukan kedua hal tersebut, tentunya Anda termasuk orang yang musyrik.
Cara mendapatkan jodoh secara Islami yang kedua adalah berhubungan dengan muamalah. Artinya, hubungan manusia dengan manusia secara Islam yang tidak ada larangannya dari Allah dan Rasul. Jika terlarang berarti tidak sesuai dengan keislaman.

Ikutilah semua yang dikerjakan oleh Rasul dalam mencari pasangan. Selain itu “pacaran” secara Islami seperti yang dicontohkan oleh berbagai ulama penting seperti Abu Syuqqah, aktivis Tarbiyah, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, dan lain sebagainya. Mereka dan aktivis dakwah yang lain mengharamkan pacaran karena dalam Islam tidak ada kata berpacaran. Cara yang tidak islami adalah berzina, bahkan mendekati zina sekalipun tidak boleh.

Mencari Jodoh dengan Istikharah

Jabir bin Abdullah pernah berkata bahwa Muhammad selalu mengajarkannya untuk istikharah dalam setiap urusan. Perkataannya tersebut juga ada dalam Al-Quran. Siapa saja yang ingin melakukan berbagai urusan, lebih baik untuk salat sunah dua rakaat.

Dalam salat tersebut Anda harus berdoa “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau pilihan kebaikan untukku dengan pengetahuan-Mu; aku memohon pertolongan-Mu dengan kekuasaan-Mu; dan aku memohon kepada-Mu (mendapatkan) karunia-Mu, Tuhan Maha Agung, karma Engkaulah yang berkuasa, sedangkan aku tidak. Engkau Maha tahu, sedangkan aku tidak dan Engkau Maha mengetahui yang gaib. Ya Allah, kalau Engkau mengetahui urusan ini baik bagiku, agamaku, kehidupanku, dan kesudahan urusanku”.

Istikharah adalah jalan meminta pertolongan dan permohonan yang terbaik. Ketika Anda salat, Anda akan diberikan pilihan yang terbaik oleh Allah. Masalah jodoh bukan hanya karena belum mendapatkannya, tapi memilih yang terbaik di antara yang terbaik.

Namun, sebelum memulai salat Anda harus memasrahkan diri Anda kepada Allah. Anda tidak bisa memaksakan kehendak Anda untuk memiliki jodoh sesuai yang Anda inginkan. Anda harus memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. apabila Anda memaksakan kehendak untuk mendapatkan jodoh sesuai dengan keinginan Anda, ketenangan dalam berpikir tidak bisa Anda dapatkan.
Apabila Anda terlalu tidak sabar dan penuh dengan emosi, sikap lapang dada akan sulit Anda dapatkan. Oleh karena positif thinking yang akan membawa Anda menuju kesuksesan, di sini dalam hal mendapatkan jodoh yang terbaik.

Setelah Anda beristikharah, petunjuk mendapatkan jodoh yang Anda dapatkan adalah adanya kemantapan menerima atau juga menolak orang yang Anda istikharahkan (jika sudah memiliki calon). Apabila perasaan Anda kuat maka Anda bisa melanjutkan hubungan dengan si dia, jika sebaliknya batalkan niat Anda untuk menjadikannya sebagai pasangan Anda.

Nah, bagaimana dengan tips mencari jodoh di atas? Paling penting sih Anda harus menyerahkan segala urusan kepadaNya. Serahkan masalah pemberian jodoh kepadaNya. Semoga Anda bisa mendapatkan jodoh yang Anda inginkan.

» Anda suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 23.13

0 komentar:

Archive